large image
AYO PASANG SR PDAM
JADWAL SOLAT

KALKULATOR SOLAT
SIMULASI KREDIT
KRITIK DAN SARAN
Kemarau Panjang, PDAM Kebumen Krisis Air Baku
Kategori Berita | Diposting pada : 2019-04-10 -|- 12:16:00 oleh Admin
Share this article on

KEBUMEN, KRJOGJA.com - Berlangsungnya kemarau panjang di tahun 2018 ini menyebabkan PDAM Tirta Bumi Sentosa Kebumen krisis air baku, akibat penyusutan drastis volume air di 7 sumber air bakunya. Diantaranya, di Waduk Sempor Kebumen yang menjadi penyuplai air baku bagi Instalasi Pengolahan Air (IPA) Sempor di Desa Tunjungseto Kecamatan Sempor Kebumen.


"Salah satu solusinya adalah dengan cara membeli air baku dari Waduk Wadaslintang sebanyak 50 liter per detik. Air itu kami beli kepada Pemerintah Provinsi Jawa Tengah selaku pengelola Sistem Pengolahan Air Minum (SPAM) Keburejo Waduk Wadaslintang," ungkap Sekretaris Dewan Pengawas PDAM Tirta Bumi Sentosa Kebumen, Sri Winarti MH, di ruang kerjanya, Senin (29/10/2018).


 


Kendati kebutuhan air baku sudah didukung dengan pembelian air dari SPAM Keburejo, namun dalam kenyataannya kebutuhan normal air bersih bagi pelanggan PDAM Tirta Bumi Sentosa hingga akhir Oktober 2018 ini belum terpenuhi.


" Sejak 2 bulan lalu hingga hari ini sering terjadi penghentian suplai air ke pelanggan pada jam-jam tertentu, karena adanya defisit produksi air bersih bila dibandingkan kebutuhan normal pelanggan selama 24 jam per hari," ujar Sri Winarti.


Selain kekurangan air baku, suplai air ke pelanggan tak bisa optimal karena adanya kebocoran di sejumlah titik pipa penyalur air dari instalasi pengolah ke pelanggan. Kebocoran tersebut disebabkan umur pipa penyalur yang sudah terhitung tua.


Adapun 7 sumber air baku PDAM Tirta Bumi Sentosa guna memenuhi pelanggan di KecamatanGombong, Karanganyar dan Kebumen adalah Waduk Sempor, mata air Banyumudal Buayan, Sungai Luk Ulo, Sungai Kedungbener, Sungai Pedegolan, sungai bawah tanah Mendayang Ayah dan sungai bawah tanah Sikayu Buayan.


" Kemarau panjang menyebabkan volume semua sumber air baku itu menyusut drastis, khususnya Waduk Sempor. Kapasitas produksi IPA Sempor yang seharusnya 200 liter per detik kini hanya tinggal sekitar 150 liter per detik. Itulah sebabnya, suplai air bersih kepada pelanggan akhir-akhir sering terhenti walau sudah didukung oleh SPAM Keburejo," jelas Winarti. (Dwi)



Baca Juga Berita Lainnya
JAJAK PENDAPAT

Bagaimana menurut pendapat anda tentang Pelayanan PDAM Tirta Bumi Sentosa Kebumen ?

Kurang
Cukup
Sangat Bagus
Tidak Tahu

Lihat Hasil Polling
PENGUMUMAN TERBARU
AGENDA PERUSAHAAN TERBARU

Lihat Semua Agenda
STATISTIK PENGUNJUNG
  • Dikunjungi oleh : 36132 user
  • OS : Unknown Platform
  • Browser :
GALERI KEGIATAN TERBARU
BERGABUNG DENGAN GROUP KAMI DI FACEBOOK